Suparman


Guru Bahasa Inggris

Desa Payudan Daleman adalah sebuah desa yang asri di bawah gunung tertinggi di Sumenep Madura. Di desa ini saya lahir dari pasangan H.Achmad Marzuki dan Siti Rochimah tepatnya tanggal 19 Mei 1973. Di desa ini pula saya menghabiskan masa kecil dengan penuh kenangan.pagi hari saya mengenyam pendidikan di SDN Payudan Daleman II, sementara sore saya belajar di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda. kebiasaan mengaji Alquran setelah sholat magrib samapai sehabis sholat isya’.Setelah lulus SD tahun 1986 saya diterima di MTs Negeri Sumber Bungur Pakong Pamekasan.Di sekolah ini saya dibimbing oleh para guru hebat,ikhlas,berdedikasi tinggi.Salah satu pesan dari salah seorang guru yang masih saya ingat adalah pentingnya pendidikan untuk merubah pola pikir,prilaku untuk bekal hidup di waktu yang akan datang.Pulang sekolah saya mondok di pesantren Sumber Bungur Pakong Pamekasan yang diasuh oleh KH.Ahmad Madhani.Alhamdulillah selama tiga tahun saya menyelesaikan pendidikan ini pada tahun 1989 dengan lancar penuh suka, duka dan kenangan tak terlupakan.

Lulus dari MTs Negeri seharusnya saya bisa langsung melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu SMA,SMK atau Madrasah Aliyah.Tapi saya lebih memilih sekolah Diniah (sekolah yang berbasiskan Pendidikan Agama ) selama satu tahun untuk bisa melanjutkan di Madrasah Aliyah I An-nuqayah di area pesantren An-nuqayah Guluk-Guluk Sumenep.Saya tinggal di wilayah Lubangsa Raya blok D.KH Warits Ilyas (almarhum) adalah kepala sekolah sekaligus pengasuh di pesantren ini. Alhamdulillah Allah swt memberikan kesempatan sehingga saya bisa banyak belajar pengetahuan agama islam yang lebih mendalam seperti ilmu Aqidah, Akhlak,Fiqh,Hadits,Tafsir dll. Di pesantren ini pula awal  saya mencintai pelajaran bahasa Inggris yang mana tenaga pengajarnya Mr.Brian Harmon dari California,USA. Awalnya saya tidak suka pelajaran ini karena memang pelajaran paling sulit yang pernah saya pelajari. Tetapi karena senang sama profil sang guru yang selalu smart, ramah,santun,humoris saya merasa terpikat untuk belajar lebih sungguh sungguh. Tak terasa selam 4 tahun menjadi pelajar sekaligus santri di pesantren ini banyak ilmu pengetahuan,pengalaman,pengabdian. Khususnya pengetahuan dan keterampilan Bahasa Inggris ini pula yang bisa mengantarkan saya sebagai ladang amal seebgai guru bahasa Inggris sebagai profesi yang cukup membanggakan.” English is never out of style”. Tahun 1993 lulus dengan nilai sangat memuaskan

Alhmdulillah puji syukur tiada henti karena Allah swt membimbing saya sehingga saya bisa diterima di “ Senopati School Of Hotel And Tourism” di daerah Sedati Sidoarjo.Tahun 1993 saya diterima di sekolah ini saya banyak belajar apa itu Pariwisata,Perhotelan,Food Servise, Food Product,House Keeping dll mampu mengantarkan saya diterima bekerja pertama kali di Food Garden Restaurant di jl. Mayjend Sungkono Surabaya.

Merasa kurang pas dengan suasana Restoran saya melanjutkan IKIP Pendidikan Bahasa Inggris surabaya tahun 1996. Di kampus ini saya juga dibimbing oleh dosen dosen hebat yang banyak menginspirasi hidup dan kehidupan saya.saya sangat bangga dapat menyelesaikan studi saya hanya dalam waktu 3,5 tahun dengan nilai sangat memuaskan. Lagi pula saya dapat menyelesaikan studi ini tanpa membebani keuangan keluarga alias mandiri dari hasil menjadi guru baahasa Inggris di beberapa sekolah mulai SD,SMP,SMA dan SMK. Ada kebahagian tersendiri kuliah sambil bekerja tanpa membebeni kedua orang tua yg berprofesi sebagai petani.

Tahun 2001 lulus dari kuliah,langsung diterima bekerja di Perusahaan Global di Jln.Wisma sari Juanda yang bekerjasama dengan SD, SMP, SMA dan SMK di seluruh Indonesia dalam pengadaan Laboratorium Bahasa dan Software pembelajaran Bahasa Inggris.Ahir Tahun 2001 – 2006 mendapatkan kesempatan menjadi Tenaga Pengajar di Lab.Bahasa di SMPN 6 Surabaya.Pengalaman menjadi Tenaga Pengajar di Oxford Course Indonesia, SMK ketintang, SMK Negeri 7 surabaya. awal diangkat sebagai PNS dengan SK guru bahasa Inggris di SDN Kertajaya.Mutasi ke SDN Penjaringansari II/608 kecamatan Rungkut dari thn 2011-2017.Alhamdulillah setelah melalui beberapa rangkaian tes bisa diterima dan mutasi di SMP negeri 1 surabaya.Doa dan harapan semoga di tempat baru ini saya mampu menjadi bagian solusi untuk mengantar peserta didik menggapai cita cita dan impian terbaiknya. Semoga Allah SWT selalu membimbing  untuk selau tulus ikhlas mengabdi,berkontribusi yang terbaik demi masa depan anak bangsa yang lebih baik,cerdas,berprestasi,berbudi pekerti luhur,kompetitif, Mandiri di bawah lindungan dan Ridho Allah SWT, Aamiin.

TESTIMONI

Apa Kata Wali Siswa Tentang Guru Kami?

Terus Belajar Demi Siswa Kekinian

Disela menyelesaikan tugasnya, guru-guru masih juga belajar "Bagaimana menyampaikan pelajaran ke siswa secara kekinian?" Tentu ini tidaklah mudah bagi guru. Tapi di sekolah inj, semua guru tetap semangat.

Achmad Holil

Prilaku Luhur di Zaman Maju

Dalam pembelajaran menggunakan digital classroom. Guru sekolah ini mampu memberikan hikmah permainan digital tersebut. Alhamdulillah, para siswa jadi berprilaku luhur yang sesuai kemajuan zaman.

Dyah Sumiwi