Sejarah Singkat

Bapak Doel Arnowo adalah walikota Surabaya periode 1950-1952 yang menggagas pertama kalinya didirikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Surabaya. Berbekal niat dan tekat yang kuat untuk meningkatkan pendidikan warganya, Markas Militer Angkatan Laut (AL) di belakang gedung pemerintahan kota Surabaya seluas 1.640 m2 didirikanlah SMP Negeri 1 Surabaya pada tahun 1951.

SMP Negeri 1 Surabaya terletak di Jl. Pacar No. 4-6 Kelurahan Ketabang, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya. Lokasi ini sangat strategis, bukanlah karena lokasi sekolah yang dekat dengan pusat pemerintahan kota Surabaya, tetapi juga karena berada di pusat kota Surabaya dalam satu kawasan kopleks SMA Negeri di Surabaya.

Seiring dengan kemajuan kota Surabaya, SMP Negeri 1 ditunjuk menjadi sekolah rujukan untuk tingkat SMP. Oleh karena itu Dra. Titik Sudarti, M.Pd. selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 1 saat ini, terus bebenah untuk tetap menjadikan SMP Negeri 1 menjadi sekolah Adiwiyata. Keterlibatan seluruh civitas sekolah baik itu Guru, Tenaga Kependidikan (Tendik), Siswa, Wali siswa, komite sekolah, serta masyarakat peduli pendidikan lainnya sangat diperlukan untuk aktif dalam sekolah adiwiyata yang mencetak generasi penerus bangsa yang bermartabat dan berakhlak mulia serta berwawasan lingkungan.

Wajah SMP Negeri 1 Surabaya tempo dulu dan sekarang

Sumber Gambar: wikipedia.com