Seni Budaya K9

Pengantar

Seni Budaya bukan aktivitas dan materi pembelajaran yang dirancang hanya untuk mengasah kompetensi ketrampilan siswa sebagaimana dirumuskan selama ini. Seni Budaya harus mencakup aktivitas dan materi pembelajaran yang memberikan kompetensi pengetahuan tentang karya seni budaya dan kompetensi sikap yang terkait dengan seni budaya. Seni Budaya dalam kurikulum 2013 dirumuskan  untuk mencakup sekaligus studi karya seni budaya untuk mengasah kompetensi pengetahuan, baik dari karya maupun maupun nilai yang terkandung didalamnya, praktik berkarya seni budaya untuk mengasah kompetensi ketrampilan , dan pembentukan sikap apresiasi terhadap seni budaya sebagai hasil akhir dari studi dan praktik karya seni budaya.

Pembejarannya dirancang berbasis aktivitas dalam sejumlah ranah seni budaya, yaitu seni rupa, tari, musik dan teater yang diangkat dari tema tema seni yang merupakan warisan budaya bangsa. Selain itu juga mencakup kajian warisan budaya yang bukan berbentuk praktik karya seni budaya.

Kompetensi Inti

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkuan  pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual , konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tetang ilmu pengetahuan , teknologi seni, budayaterkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mengolah , menyaji dan menalar dalam ranah kongkrit ( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat ) ranah abstrak ( menulis, membaca, menghitung , meggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang atau teori.

Kompetensi Dasar

  1. Memahami konsep dan prosedur karya seni lukis pada berbagai bahan dan beragam teknik.
  2. Membuat karya seni lukis pada berbagai bahan dan beragam teknik.

Materi Pembelajaran

Seni Lukis