PPKn K9

Pengantar

Mata  pelajaran  Pendidikan  Pancasila  dan  Kewarganegaraan  (PPKn)  memiliki  visi  dan  misi mengembangkan peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air,  melalui  proses  menerima  dan  menjalankan  ajaran  agama yang  dianutnya;  dan  memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,  teman,  dan guru;  memahami dan menerapkan pengetahuan faktual  dan konseptual tentang  kewarganegaraan;  dan  menyajikan  pengetahuan  faktual  dan  konseptual kewarganegaraan dengan terampil.

Untuk  itu  dikembangkan  substansi  pembelajaran  yang  dijiwai  oleh 4  (empat)   consensus kebangsaan yaitu (1) Pancasila, sebagai dasar negara, ideologi nasioanl, dan pandangan hidup; (2)  Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai  hukum dasar yang menjadi  landasan  konstitusional  kehidupan  bermasyarakat,  berbangsa,  dan  bernegara;  (3) Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagai komitmen terhadap bentuk final Negara Republik Indonesia  yang  melindungi  segenap  bangsa  dan  tanah  tumpah  darah  Indonesia;  (4) dan Bhinneka Tunggal  Ika, sebagai  wujud kesadaran atas keberagaman kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang utuh dan kohesif secara nasional dan harmonis dalam pergaulan antarbangsa.

Sikap kewarganegaraan,  pengetahuan kewarganegaraan,  dan keterampilan kewarganegraan) sebagaimana  termaktub  dalam silabus  menitik  beratkan  pada  pembentukan  karakter  warga negara  Indonesia  yang  beriman,  bertaqwa,  dan  berakhlak  mulia  serta  demokratis  dan bertanggung  jawab  sebagaimana  termaktub  dalam Pasal  31  ayat  3  UUD Negara  Republik Indonesia 1945 dan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.  Pengembangan  sikap  kewarganegaraan,  pengetahuan  kewarganegaraan,  dan keterampilan  kewarganegaraan  secara  utuh  menjadi  karakter  diorganisasikan  melalui pengembangan dampak instruksional,  dampak pengiring,  dan budaya kewarganegaraan dalam lingkungan belajar yang menarik, menyenangkan, dan membelajarkan sepanjang hayat. Untuk itu perlu dikembangkan berbagai model pembelajaran dan lingkungan belajar di kelas, di luar kelas, dan/atau dalam masyarakat serta jaringan (virtual).

Pembelajaran PPKn dirancang sebagai wahana untuk mengembangkan keterampilan abad ke-21 (The 21st Century Skills) melalui mata pelajaran PPKn serta memperkuat upaya perubahan cara pandang (mindset) para guru PPKn untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif   dalam mengelola dan mengembangkan pembelajaran PPKn.

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

Kompetensi Inti Kompetensi Dasar
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya Menghayati perilaku beriman dan bertaqwa kepada TuhanYME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antarbangsa
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
  • Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dengan dinamika perkembangan jaman
  • Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa
  • Menghargai hukum yang berlaku dalam masyarakat sebagai wahana perwujudan keadilan dan kedamaian
  • Menghargai sikap toleransi dan harmoni keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia
  • Menghargai semangat dan komitmen sumpah pemuda sebagai perekat kebangsaan sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928
  • Menghayati semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
  • Memahami dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
  • Memahami pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  • Memahami aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  • Menyaji hasil telaah tentang aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  • Memahami masalah-masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat dan cara pemecahannya
  • Memahami konteks kesejarahan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
  • Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dinamika perkembangan jaman
  • Menyaji hasil telaah pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  • Memahami perbedaan baik dan buruk dalam bertutur kata, berperilaku, dan bersikap sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
  • Menyaji sikap, tutur kata, dan perilaku yang baik, sesuai dengan nilai dan moral Pancasila dalam pergaulan hidup sehari-hari di masyarakat, bangsa dan negara
  • Menalar penyelesaian masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat
  • Menyaji hasil telaah dinamika penguatan komitmen mempertahankan NKRI dalam konteks kesejarahan
  • Berinteraksi dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku,  agama, ras, budaya, dan gender
  • Menyaji bentuk-bentuk partisipasi dan tanggungjawab kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional

Materi Pembelajaran

  1. Perwujudan nilai-nilai Pancasila
  2. Pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945
  3. Kepatuhan terhadap hukum
  4. Budi pekerti luhur yang seusai Pancasila
  5. Berikhtiar dan melakukan usaha
  6. Memahami konteks kesejarahan Negara Kesatuan Republik Indonesia