PPKn K8

Pengantar

Mata  pelajaran  Pendidikan  Pancasila  dan  Kewarganegaraan  (PPKn)  memiliki  visi  dan  misi mengembangkan peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air,  melalui  proses  menerima  dan  menjalankan  ajaran  agama yang  dianutnya;  dan  memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,  teman,  dan guru;  memahami dan menerapkan pengetahuan faktual  dan konseptual tentang  kewarganegaraan;  dan  menyajikan  pengetahuan  faktual  dan  konseptual kewarganegaraan dengan terampil.

Untuk  itu  dikembangkan  substansi  pembelajaran  yang  dijiwai  oleh 4  (empat)   consensus kebangsaan yaitu (1) Pancasila, sebagai dasar negara, ideologi nasioanl, dan pandangan hidup; (2)  Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai  hukum dasar yang menjadi  landasan  konstitusional  kehidupan  bermasyarakat,  berbangsa,  dan  bernegara;  (3) Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagai komitmen terhadap bentuk final Negara Republik Indonesia  yang  melindungi  segenap  bangsa  dan  tanah  tumpah  darah  Indonesia;  (4) dan Bhinneka Tunggal  Ika, sebagai  wujud kesadaran atas keberagaman kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang utuh dan kohesif secara nasional dan harmonis dalam pergaulan antarbangsa.

Sikap kewarganegaraan,  pengetahuan kewarganegaraan,  dan keterampilan kewarganegraan) sebagaimana  termaktub  dalam silabus  menitik  beratkan  pada  pembentukan  karakter  warga negara  Indonesia  yang  beriman,  bertaqwa,  dan  berakhlak  mulia  serta  demokratis  dan bertanggung  jawab  sebagaimana  termaktub  dalam Pasal  31  ayat  3  UUD Negara  Republik Indonesia 1945 dan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.  Pengembangan  sikap  kewarganegaraan,  pengetahuan  kewarganegaraan,  dan keterampilan  kewarganegaraan  secara  utuh  menjadi  karakter  diorganisasikan  melalui pengembangan dampak instruksional,  dampak pengiring,  dan budaya kewarganegaraan dalam lingkungan belajar yang menarik, menyenangkan, dan membelajarkan sepanjang hayat. Untuk itu perlu dikembangkan berbagai model pembelajaran dan lingkungan belajar di kelas, di luar kelas, dan/atau dalam masyarakat serta jaringan (virtual).

Pembelajaran PPKn dirancang sebagai wahana untuk mengembangkan keterampilan abad ke-21 (The 21st Century Skills) melalui mata pelajaran PPKn serta memperkuat upaya perubahan cara pandang (mindset) para guru PPKn untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif   dalam mengelola dan mengembangkan pembelajaran PPKn.

Kompetensi Inti

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
  3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
  4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar

  1. Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas  konsensus nasional Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
  2. Menghargai makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman dan bertakwa
  3. Bersyukur kepada  Tuhan yang Maha Esa untuk nilai dan semangat Kebangkitan nasional 1908 dalam  perjuangan kemerdekaan Republik Indonsia
  4. Mensyukuri nilai dan semangat Kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia secara tulus.
  5. Menjalankan perilaku orang beriman sesuai nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
  6. Mensyukuri semangat dan komitmen kolektif kebangsaan untuk memperkuat NKRI yang berketuhanan Yang Maha Esa
  7. Mengembangkan sikap yang mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
  8. Mendukung makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta peraturan perundangan lainnya sesuai dengan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945
  9. Menunjukkan sikap disiplin dalam menerapkan aturan sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam tata urutan peraturan perundanga- undangan nasional
  10. Bertanggung jawab terhadap makna dan arti penting  Kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia
  11. Mengembangkan sikap toleransi sesuai nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
  12. Menunjukkan sikap gotong royong sebagai wujud nyata semangat dan komitmen kolektif kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia
  13. Menelaah Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
  14. Menelaah makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta peratuan perundangan- undangan lainnya dalam system hukum nasional
  15. Memahami tata urutan peraturan perundang-undangan dalam system hukum nasional nasional di Indonesia
  16. Menganalisa  makna dan arti Kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia
  17. Memproyeksikan nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
  18. Menginterpretasikan semangat dan komitmen kebangsaan kolektif untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam kontek Kehidupan Siswa
  19. Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandanganhidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari
  20. Menyajikan hasil telaah makna, kedudukan dan fungsi Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam penerapan kehidupan sehari-hari
  21. Mendemonstrasikan pola pengembangan  tata urutan peraturan perundang-undangan dalam sistem hukum nasional di indonesia
  22. Menyaji hasil penalaran tentang tokoh kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia
  23. Mengaitkan hasil proyeksi nilai-nilai dan semangat Sumpah Pemuda Tahun 1928 dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika dengan kehidupan sehari-hari
  24. Mengorganisasikan kegiatan lingkungan yang mencerminkan kebangsaan untuk memperkuat NKRI

Materi Pembelajaran

  1. Konsensus nasional Pancasila sebagai dasar Negara dan pandangan hidup bangsa
  2. Memaknai UUD 45
  3. Tata urutan peraturan perundang-undangan dalam sistem hukum nasional di Indonesia
  4. Semangat kebangkitan nasional 1908
  5. Nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928
  6. Memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia