PPKn K7

Pengantar

Mata  pelajaran  Pendidikan  Pancasila  dan  Kewarganegaraan  (PPKn)  memiliki  visi  dan  misi mengembangkan peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air,  melalui  proses  menerima  dan  menjalankan  ajaran  agama yang  dianutnya;  dan  memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,  teman,  dan guru;  memahami dan menerapkan pengetahuan faktual  dan konseptual tentang  kewarganegaraan;  dan  menyajikan  pengetahuan  faktual  dan  konseptual kewarganegaraan dengan terampil.

Untuk  itu  dikembangkan  substansi  pembelajaran  yang  dijiwai  oleh 4  (empat)   consensus kebangsaan yaitu (1) Pancasila, sebagai dasar negara, ideologi nasioanl, dan pandangan hidup; (2)  Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai  hukum dasar yang menjadi  landasan  konstitusional  kehidupan  bermasyarakat,  berbangsa,  dan  bernegara;  (3) Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagai komitmen terhadap bentuk final Negara Republik Indonesia  yang  melindungi  segenap  bangsa  dan  tanah  tumpah  darah  Indonesia;  (4) dan Bhinneka Tunggal  Ika, sebagai  wujud kesadaran atas keberagaman kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang utuh dan kohesif secara nasional dan harmonis dalam pergaulan antarbangsa.

Sikap kewarganegaraan,  pengetahuan kewarganegaraan,  dan keterampilan kewarganegraan) sebagaimana  termaktub  dalam silabus  menitik  beratkan  pada  pembentukan  karakter  warga negara  Indonesia  yang  beriman,  bertaqwa,  dan  berakhlak  mulia  serta  demokratis  dan bertanggung  jawab  sebagaimana  termaktub  dalam Pasal  31  ayat  3  UUD Negara  Republik Indonesia 1945 dan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.  Pengembangan  sikap  kewarganegaraan,  pengetahuan  kewarganegaraan,  dan keterampilan  kewarganegaraan  secara  utuh  menjadi  karakter  diorganisasikan  melalui pengembangan dampak instruksional,  dampak pengiring,  dan budaya kewarganegaraan dalam lingkungan belajar yang menarik, menyenangkan, dan membelajarkan sepanjang hayat. Untuk itu perlu dikembangkan berbagai model pembelajaran dan lingkungan belajar di kelas, di luar kelas, dan/atau dalam masyarakat serta jaringan (virtual).

Pembelajaran PPKn dirancang sebagai wahana untuk mengembangkan keterampilan abad ke-21 (The 21st Century Skills) melalui mata pelajaran PPKn serta memperkuat upaya perubahan cara pandang (mindset) para guru PPKn untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif   dalam mengelola dan mengembangkan pembelajaran PPKn.

Kompetensi Inti

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
  3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
  4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar (Pengetahuan)

3.1 Menganalisis  proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara

3.2 Memahami   norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan

3.3 Menganalisis kesejarahan perumusan dan pengesahan undang-undang dasar negara Republik Indonesia Tahun 1945

3.4 Mengidentifikasi keberagaman suku, agama, ras dan antargolognan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

3.5 Menganalisis bentuk-bentuk kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat

3.6 Mengasosiasikan karakteristik daerah dalam kerangka negara kesatuan republik indonesia

Kompetensi Dasar (Keterampilan)

4.1  Menyaji hasil analisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara

4.2 Mengampanyekan perilaku sesuai norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan

4.3 Menjelaskan proses kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

4.4 Mendemonstrasikan hasil identifikasi suku, agama, ras dan antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

4.5 Menunjukkan bentuk-bentuk kerja sama di berbagai bidang kehidupan masyarakat

4.6 Melaksanakan penelitian sederhana untuk mengilustrasikan karakteristik daerah tempat tinggalnya sebagai bagian utuh dari Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan rancangan yang telah dibuat