PJOK K8

Kata Pengantar

Kurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi  siswa dari sisi pengetahuan, ketrampilan, dan sikap secaa utuh. Sehingga kompetensi dasar setiap mata pelajaran mencakup kompetensi dasar kelompok sikap, kompetensi dasar kelompok pengetahuan dan kompetensi dassar kelompok ketrampilan. Kompetensi PJOK mencakup ke iga hal tersebut. Sehingga Di pembellajaran PJOK tidak hanya mengasah ketrampilan  tapi  kompetensi  sikap dan mkompetensi pengetahuan. PJOK adalah mata pelajaran yang membekali siswa dengan pengetahuan tentang gerak jasmani  yang baik, ketrampilan gerak yang baik serta sikap perilaku dan sportifitas dalam berolahraga.  Pembelajaran dirancang berbasis aktifitas berkaitan dengan sejumlah jenis gerak jasmani /olahraga dan usaha – usaha menjaga kesehatan.Aktifitas-aktifitas di mata pelajaran PJOK itu dirancang  untuk membuat peserta didik akan terbiasa melakukan gerak jasmani dan berolahraga dengan senang hati karena merasa perlu melakukannya dan sadar  akan pentingnya menjaga kesehatan jasmani  baik melalui gerak jasmani dan olahraga maupun dengan memperhatikan factor-faktor kesehatan yang mempengaruhinya.

Kompetensi Inti

  1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab , peduli (toleransi, gotong royong) santun percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
  3. Memahami pengetahuan (factual,konseptual,procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi ,seni, budaya terkait dengan fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencob, mengolah dan menyajikan dalam ranah kongkret (menggunakan,menguraikan,merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,membaca,menghitung,menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori.

Kompetensi Dasar

  1. Memahami varia sigerak spesifik  dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional
  2. Mempraktikkan variasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional

Materi Pembelajaran

Gerakan Menendang