IPS K7

Pengantar

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebagai salah satu mata pelajaran dalam kurikulum 2013 juga berorientasi pada kompetensi yang utuh. Pelajaran IPS merupakan integrasi dari empat mata pelajaran yaitu geografi, ekonomi, sosiologi dan sejarah. Keempat mata pelajaran tersebut dipadukan oleh konsep ruang dan interaksi antar ruang serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan. Dalam pembahasannya, peserta didik dikenalkan dengan konsep ruang yang diwujidkan dalam materi tentang letak Indonesia, potensi sumber daya alam, kemaritiman, kependudukan, kondisi alam, flora dan fauna Indonesia agar supaya siswa dapat dan mampu memperkuat rasa percaya diri, kecintaan dan kebanggaan sisswa atas keunggulan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). sehingga tumbuh tumbuh kesadaran untuk mengelola, memanfaatkan dan melestarikan modal-modal tersebut secara bertanggung jawab demi kemakmuran dan kemajuan bersama.

Kompetensi Inti

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar

  1. Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, social, budaya, pendidikan, dan politik).
  2. Memahami aspek letak dan luas wilayah Indonesia
  3. Memahami aspek Potensi sumber daya alam indonesia dan kemaritiman Indonesia
  4. Memahami aspek dinamika kependudukan Indonesia
  5. Memahami aspek kondisi alam Indonesia

Materi Pembelajaran

  1. Interaksi antar ruang (distribusi potensi wilayah Indonesia)
  2. Dampak interaksi antar ruang (perdagangan, mobilitas penduduk)
  3. Potensi Sumber Daya Alam (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)
  4. Sumber Daya Manusia – jumlah, sebaran, dan komposisi; -pertumbuhan; – kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan- keragaman etnik (aspek-aspek budaya
  5. Kondisi geografis Indonesia (letak dan luas, iklim, geologi, rupa bumi, tata air, tanah, flora dan fauna) melalui peta rupa bumi