B. Indonesia K7

Pengantar

Kami ucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT,karena Rahmat dan karunianya sehingga saya bisa diberi kesempatan untuk menulis dan mengembangkan materi Bahasa Indonesia supaya siswa memiliki kompetensi yang lebih baik.

Dengan adanya pengembangan materi tersebut, diharapkan siswa memiliki kompetensi dalam mendengar, membaca, menulis, menyajikan secara lisan,memiliki pengetahuan yang memadai tentang penggunaan bahasa Indonesia secara efektif pada materi: mengidentifikasi, menetukan isi teks,menelaah struktur dan unsur kebahasaan serta menyajikan data, gagasan, kesan,

dalam struktur teks deskripsi. Dalam pembelajaran materi ini bisa meningkatkan minat baca  ,menulis,serta berbicara. Dan juga dengan digalakkannya literasi di sekolah,maka menumbuhkan minat baca siswa yang dirancang terintegrasi dalam pembelajaran.

Dengan melalui kemampuan mendeskripsikan,siswa dapat menjadi penulis hebat . Dalam materi ini banyak memberikan latihan-latihan pada siswa bisa mengembangkan materi dengan penemuan-penemuan sendiri.

Selamat berlatih untuk menjadi generasi penerus bangsa yang hebat dan berkarakter  dimasa depan . Bahasa Indonesia mengantarkan  sebagai sarana bahasa persatuan dan kesatuan bangsa dalam merajut cita-cita .

Selamat menyongsong dunia literasi dengan Bahasa Indonesia sebagai penghela pengetahuan dan pendorong kearifan.

Kompetensi Inti

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar

  1. Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
  2. Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll) yang didengar dan dibaca.
  3. Menelaah struktur dan unsur kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
  4. Menyajikan data, gagasan,kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan

Materi Pembelajaran

  • Belajar Mendeskripsikan
  • Memahami dan Mencipta Cerita Fantasi
  • Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur
  • Menyibak Ilmu dalam Laporan Hasil Observas
  • Mewarisi Nilai Luhur dan Mengkreasikan Puisi Rakyat
  • Mengapresiasi dan Mengkreasikan Fabel
  • Berkorespondensi dengan Surat Pribadi dan Surat Dinas
  • Menjadi Pembaca Efektif