Ajari Anak untuk Jadi Dirinya Sendiri

Setiap anak yang lahir tentu memiliki karakter yang berbeda-beda dan dari karakter yang berbeda-beda ini, tentu akan tumbuh minat dan bakat yang berbeda-beda juga.

Oleh karena itu, orangtua wajib memahami betul perannya dan tidak memaksakan keinginannya pada anak-anak.

Seorang psikolog dan pemerhati anak, Seto Mulyadi atau yang sering disapa dengan Kak Seto, ingin mengingatkan orangtua untuk tidak memaksakan minat anak.

Hingga kini, masih banyak orangtua yang ingin anaknya berkembang menjadi lebih baik, tetapi diarahkan sesuai dengan keinginan orangtuanya, bukan keinginan anak. Hal ini sangatlah memprihatinkan.

“Jadi, orangtua harus selalu menumbuhkan anak-anak untuk menjadi dirinya sendiri,” ucap Kak Seto saat ditemui di Jakarta, Minggu (15/1/2017).

Setelah membiarkan anak menjadi diri sendiri, tugas orangtua yang terpenting berikutnya adalah bagaimana anak bisa menjadi apa pun yang mereka inginkan sehingga lebih bahagia.

Intinya, biarkan anak-anak mengetahui porsi mereka dalam menentukan dan menemukan minat juga bakatnya. Sebagai orangtua, yang perlu Anda lakukan adalah memberikan dukungan penuh untuk anak-anak dalam memenuhi minat dan bakat mereka.

(Artikel ini telah diterbitkan di Kompas.com dengan judul Kak Seto: Ajarkan Anak untuk Jadi Dirinya Sendiri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *